Notification

×

Iklan

Iklan

Gandeng Disnaker, Pemdes Tayu Kulon Adakan Pelatihan Membatik Tingkat Dasar

17/07/23 | 12:06 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-17T05:06:37Z


PatiToday.com
, Tayu-Dalam upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan mengatasi pengangguran, Pemerintah Desa Tayu Kulon Kec. Tayu, Kab. pati menyelenggarakan pelatihan membatik tingkat dasar selama 22 hari, dimulai 12 juli - 11 Agustus 2023.


Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Disnaker Kabupaten Pati dengan Pemerintah Desa Tayukukon.


Puryanto, Pelatih BLK Disnaker Pati mewakili Ka Dinas menjelaskan,"Kegiatan ini dibiayai CSR Pabrik Rokok yaitu dari anggaran Bagi Hasil Cukai Dinasker Kabupaten Pati,"katanya.


Kegiatan ini diikuti 16 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Mereka antusias mengikuti kegiatan membatik, karena bisa dilakukan diwaktu senggang  dirumah.


Kepala Desa Tayu Kulon Aries Junaidi menjelaskan,"Kegiatan ini berjalan hasil  kerjasama dengan Disnaker pati, Pemerintah Desa juga menyiapkan sarana tindak lanjut kegiatan dengan dibiayai dana Desa,"katanya.


"Kami berharap, kegiatan ini tidak selesai di pelatihan saja, namun ada tindak lanjut yang terus kami pantau hingga ada akhirnya menghasilkan produk. Kami juga akan terus berkoordinasi dengaan disnaker agar di lain waktu diberikan pelatihan lanjutan, sehingga di Tayu Kulon muncul kader membatik yang terampil,"jelas Kades Aries Junaidi.


Fasilitas yang dibiayai desa terutama untuk peserta nantinya adalah sarana dan prasarana membatik untuk kegiatan tindak lanjut meliputi canting, wajan, kompor, kain, malam, dan alat bahan membatik lainnya.


Dengan modal keterampilan membatik, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masayarakat Desa Tayu Kulon. (Aris)

×
Berita Terbaru Update